Sulut Serambi Indonesia untuk Asia Pasifik

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara, boleh jadi satu di antara keindahaan alam yang tersohor dan menjadi daya tarik Indonesia sebagai tempat tujuan wisata. Tapi, tempat wisata itu bukan lah satu-satunya lokasi yang punya kelebihan. Sumber daya alam lain, seperti pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, pertambangan, dan pariwisata juga punya potensi yang besar dalam memberikan pemasukan bagi pembangunan daerah yang mempunyai luas 15.273 kilometer persegi.

Hingga saat ini, hasil utama provinsi yang berpenduduk sekitar 2,5 juta jiwa adalah perkebunan. Sebab, sebanyak 70 persen pendapatan masyarakat berasal dari hasil bumi, seperti kelapa, pala, vanili, coklat, dan cengkeh. Geliat majunya perekonomian Sulut juga ditunjukkan dengan meningkatnya penghimpunan dana serta penyaluran kredit oleh perbankan Sulut. Peningkatan yang terjadi sejak Mei 2003 tersebut sebesar delapan persen dengan total kredit yang disalurkan perbankan Sulut dan Gorontalo sebesar Rp 2,2 triliun. "Jadi ada indikasi gairah pada sektor-sektor riil yang produktif," ujar Allan Pontoh, staf Bank Indonesia Manado.

Gubernur Sulut A.J. Sondakh mengatakan, di daerah yang dipimpinnya telah ditetapkan sejumlah program utama. Program-program tersebut antara lain penegakan supremasi hukum, mengarahkan sumberdaya manusia, dan pendidikan yang bermutu. Selain itu, teknologi juga diusahakan untuk mengaktualisasi potensi-potensi yang dimiliki.

Dengan demikian, pemerintah provinsi berharap dapat menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif. Di sektor ekonomi kerakyatan, pemprov tengah menggiatkan usaha agrobisnis dan agroindustri yang dapat memberdayakan para petani dan nelayan. "Iklim investasi di Sulut akhir-akhir ini sangat baik. Sebab, kita membuat program yang terfokus agar investasi ini bisa dilaksanakan di Sulut," ujar A.J. Sondakh.

Rencana Pemprov Sulut untuk melaksanakan program-programnya dan menggiatkan investasi perlu didukung dengan tersedianya infrastruktur yang baik. Untungya, Sulut punya dua fasilitas yang sangat strategis, seperti Bandar Udara Samratulangi dan Pelabuhan Laut Bitung.

A.J. Sondakh mengatakan dua fasilitas ini sangat penting dan menentukan bagi Sulut dan Indonesia pada umumnya dalam persaingan investasi serta upaya menuju perdagangan internasional. "Mau tak mau harus ke Pasifik," ujar Sondakh.

Di masa yang akan datang, Pelabuhan Laut Bitung bakal dikembangkan menjadi pelabuhan internasional yang didukung dengan adanya terminal peti kemas. Tak hanya itu, di sana juga bakal tersedia pelabuhan perikanan yang akan menampung ikan-ikan laut tangkapan yang kemudian akan diekspor ke mancanegara.

Pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat juga dinilai dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kebaharian untuk kesejahteraan masyarakat. Itulah sebabnya, pemprov terus mengupayakan kebijakan yang tepat melalui peran kelembagaan dunia usaha. Tujuannya untuk mendorong kinerja pengusaha. Agar berhasil, semua itu harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Satu di antara bantuan yang paling diharapkan adalah bantuan dari pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan kawasan Indonesia Timur. Sebab, Sulut adalah serambi utama Indonesia untuk kawasan Asia-Pasifik.(LIA/Tim Usaha Anda)

Kesimpulam : Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara, boleh jadi satu di antara keindahaan alam yang tersohor dan menjadi daya tarik Indonesia sebagai tempat tujuan wisata. pemerintah provinsi berharap dapat menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif. Di sektor ekonomi kerakyatan, pemprov tengah menggiatkan usaha agrobisnis dan agroindustri yang dapat memberdayakan para petani dan nelayan. dua fasilitas ini sangat penting dan menentukan bagi Sulut dan Indonesia pada umumnya dalam persaingan investasi serta upaya menuju perdagangan internasional. "Mau tak mau harus ke Pasifik,". Di masa yang akan datang, Pelabuhan Laut Bitung bakal dikembangkan menjadi pelabuhan internasional yang didukung dengan adanya terminal peti kemas.
Indonesa mempunyai kekayaan dan keindahaan yang tidak dimiliki negara lain. terkadang masyarakat indonesia tidak menjaga dan merawatnya bahkan seringnya dirusak.
Taman laut bunaken salah satunya keindahaan yang dimiliki indonesia. Saya mendukung program yang Pemerintah sumatera utara galakan untuk memajukan daerah setempat dan khususnya negara indonesia untuk dikenal negara lain lain dengan kekayaan dan keindahaan yang dimiliki.

Sumber : http://berita.liputan6.com/lainlain/200307/57921/sulut_serambi_indonesia_untuk_asia_pasifik

0 komentar:

Posting Komentar

About